Sabtu, 14 Maret 2009

CANTIKA (cerpan) -1-

-Tentang Klan Kusuma-

Namanya Indah Cantika Kusuma. Wajahnya sedap dipandang mata dan secantik namanya. Dia adalah sepupuku dan tinggal di samping rumahku. Kebetulan, aku beserta keluarga besar tinggal di pinggir kota dan sama seperti klan Soeharto, kami juga membentu koloni kecil sendiri. Rumah ayah terletak di ujung gang sebuah perumahan dan di sebelah kanan rumah adalah rumah keluarga uwakku, Broto Kusuma, ayah Indah Cantika Kusuma. Rumah mamangku (om) terletak persis di depan rumah ayahku sedangkan rumah kedua orang tua ayahku terletak di samping rumah omku. Ayahku adalah anak kedua dari tiga bersaudara.
Keluarga ibuku entah ada dimana sekarang karena saat dilahirkan ibu adalah yatim piatu yang tinggal di sebuah panti asuhan. Namun, anehnya, beliau pun enggan untuk mencari tahu silsilah keluarganya. Oleh karena itulah, saat beliau menikah dengan ayahku, beliau menikah dengan diwakili oleh wali hakim yang ditujuk oleh penghulu di daerah ayah tinggal.
Aku adalah putri sulung dari dua bersaudara. Adikku, Rama Dewa Kusuma, seorang anak laki-laki yang berpenampilan gemulai namun syukurlah dia tetaplah lelaki normal. Ayahku, Bradja Kusuma adalah laki-laki yang mewarisi darah Sunda dari kakekku, Kusuma Sukmana sedangkan nenekku, Siti Fitriah, berdarah Jawa Timur. Saat ini, alhamdulillah kedua orang tua ayahku sehat walafiat dan hanya sesekali sakit. Hal itu mungkin dikarenakan beliau rajin berolahraga dan menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya masing-masing. Ayahku bekerja sebagai pegawai negeri sipil di sebuah instansi pemerintah dan ibu adalah seorang ibu rumah tangga.
Indah Cantika Kusuma adalah putri satu-satunya dari uwakku, Broto Kusuma dan Intan Prameswari. Kedua orangtuanya berdarah Jawa, plus darah Sunda dari garis keturunan ayahku. Kedua orang tuanya bekerja sebagai pegawai negeri sipil di kantor walikota.
Omku, Anjasmara Kusuma belum menikah walaupun usianya sudah tergolong cukup untuk menikah dan beliau pun sudah mandiri secara materi. Saat ini, beliau sudah memiliki rumah dan bekerja sebagai eksekutif muda di sebuah bank swasta yang memiliki reputasi bagus di masyarakat.

Tidak ada komentar: