Senin, 08 Februari 2010

Tentang Sekolah...

Sumber: Millist f&f

Untuk sekolah2 dengan standar international di jakarta (Indonesia) ada beberapa macam sistem kurikulum yang ditetap kan dan musti kita perhatikan juga, yaitu:
- IB (International Baccaulaurate)
- GCE 'O' Level dan 'A' Level

Penjelasan nya demikian:

- Sistem IB --> sistem ini bisa dibilang base nya dari America, biasa nya anak2 dari skul ber-base IB ini mempunyai kecenderungan meneruskan study nya ke university2 di Amerika, tapi tidak menutup kemungkinan untuk mreka melanjutkan ke negara lain. Mata pelajaran yang disampaikan cukup beragam dan pada akhir nya di tingkat SMU (yr 11 & 12) mreka akan memilih jurusan: Science, Commerce, Arts.
Setelah lulus dari year 12 mreka akan mendapatkan 2 certificate: IB Diploma Certificate dan Ijasah Ujian Nasional. Biasanya untuk anak2 dari skul ini boleh memilih apakah mreka mau ikut UAS atau tidak.

- Sistem GCE 'O Level dana A' Level --> sistem ini asal muasal nya dari UK, tapi kebanyakan yang diterapkan di Indonesia adalah kurikulum yang dari Singapore (mengingat Singapore a/ salah satu negara commonwealth jadi ini tidak menjadi permasalahan) . Untuk O' Level ini setingkat dengan SMP tapi 4 tahun, dana A' Level itu adalah SMA nya (hanya 2 tahun)
Untuk anak2 yang menginginkan untuk masuk ke TOP university dimana pun dan juga khusus nya di bidang Science harus menyelesaikan sampai tingkatan A'Level (ini merupakan syarat dari setiap university).
Untuk bidang lain yang lebih practical (spt commerce dan arts) memungkin kan student u/ berhenti hanya sampai tingkatan O' Level. Untuk di Singapore sendiri dari tingkatan O' Level ini student bisa melanjutkan ke politeknik, junior college atau insititusi swasta yang juga menawarkan jenjang sampai ke S1, tapi anak2 dari O' level ini harus memulai pendidikan mereka dari level Foundation (8 - 12 bulan) baru melanjutkan ke jenjang S1 (2-3 tahun). Nah, disinilah alasan mengapa dibilang dengan kurikulum Singapore bisa menyelesaikan pendidikan nya lebih cepat.
Contoh: si A usia 16 tahun lulus dari O'Level di Jakarta, ingin meneruskan ke jurusan Commerce (bisnis, akunting, management, dll) --> si A ini bisa apply ke (contoh:) Curtin University Singapore, Foundation program selama 8 bulan, lalu meneruskan program Bachelor Degree nya di University yang sama selama 2 tahun. Artinya hanya butuh 2 tahun 8 bulan untuk si A ini mendapat kan S1 nya setelah dia menyelesaikan program O' Level nya (sama dengan SMU kelas 1). Artinya lagi dengan usia nya yang baru menjelang 19 tahun si A ini sudah mempunyai gelar S1.

Nah.. kira2 demikian penjelasan nya...
Yang harus diperhatikan dalam memilih international school adalah sertifikasi nya..
Karena banyak juga sekolah2 yang menamakan dirinya international school tapi pada akhir nya ternyata hanya setengah2.. untuk international school ini biasanya sekolah dibawakan fully dalam bahasa inggris..
apabila hanya setengah2 harus dipertanyakanjuga. . dan juga bagaimana dengan kualitas guru nya? apakah sudah memenuhi syarat international school?

demikian saja penjelasan dari saya..
apabila ada yang kurang tepat teman2 yang lain bisa menambahkan. .

Cheers,
-lala-

Tidak ada komentar: