Jumat, 05 Februari 2010

Most Wanted 2: Waspadalah....

Sumber: http://blog.the-conference.org/2009/02/10/hati-hati-untuk-para-wanita-single/#comment-12605

From: novi_kusumayanti
To: femina-friends@ yahoogroups. com
Sent: Thursday, February 5, 2009 6:31:22 PM
Subject: Mohon Perhatian Para Wanita – Terutama Para Single


Dear Temans,

Hanya menceritakan kembali pengalaman sahabat saya. Semoga dapat diambil hikmahnya dan membuat kita lebih berhati2 dalam menjalin suatu hubungan. Sahabat saya (sebut aja si A) mempunyai kenalan cowok bule (X) via Friendster yang menurut pengakuan X dia adalah distributor Toyota & Mercedes di UK dan sangat sibuk dengan bisnisnya. Singkat kata mereka menjalin komunikasi melalui imel & telpon. Beberapa hari kemudian X mengirim imel ke A yang isinya adalah dia akan pergi ke luar negeri untuk tujuan bisnis dan minta alamat A karena ingin mengirim hadiah. Si A menolak dengan alasan gak perlu deh kirim apapun toh mereka kan baru aja saling kenal.



Selama berhubungan dengan X, A tidak pernah berharap apapun dari hubungan ini selain hanya berteman. Dalam setiap imelnya, A selalu menanggapi sebagai teman. Walaupun X menghujani A dengan rayuan di setiap imel & pembicaraan di telepon. Bahkan X pernah bilang kalo dia merasa sreg sama si A. Dia udah kasih liat foto A ke Ibunya dan Ibunya setuju2 aja. A akhirnya memberikan alamat rumahnya dan menganggap paling si X mo ngirim souvenir & anggap aja tanda pertemanan. Secara iseng A bertanya ke X emang mo ngasih apaan sih? Dan dijawab oleh X bahwa A akan menerima handphone, notebook, digital camera, 1 set perhiasan emas dan uang tunai GBP 3,500. Gubrakks….. langsung si A menolak mentah2 rencana pengiriman tersebut.


A akan menerima handphone, notebook, digital camera, 1 set perhiasan emas dan uang tunai GBP 3,500


Dalam imelnya (secara kalo nelpon ongkosnya mahal bo) si A menekankan lagi gak perlu ngirim apapun. Paket yang bakal dikirim tuh terlalu besar nilainya sementara mereka kan baru saling kenal. Geblegnya si X malah bilang itu bukan masalah karena dia yakin A adalah orang yang tepat untuk dikasih hadiah dan berharap suatu saat bisa bersama (jadi istrinya gitu loh). Pokoknya

lebay banget deh. Tapi tetep loh si A gak nanggepin lebih dari temen. Seminggu kemudian si X ngasih tau bahwa dia udah kirim barang tsb dan minta A untuk mengecek di tracking record-nya courier service.


Sebetulnya si A tuh ngerasa aneh karena X agak memaksa untuk ngecek udah sampe mana tuh barang dan berkali2 nelpon cuma untuk nanya hal yang sama. Alesannya si X mau mastiin kalo paket tsb nyampe & diterima A dengan aman & selamat. Karena waktu itu Jakarta ujan gak brenti2, A bilang besok aja deh dia ngecek tracking recordnya. Gak mungkin banget ke warnet cuma untuk ngecek paket doang. X bilang OK tapi setelah A log in ke tracking record A diminta menghubungi seseorang & tolong telpon orang tsb. X juga wanti2 A harus ngabarin kalo udah trima tuh paket walaupun pada saat yang bersamaan di lagi di luar negeri. Ya iyalah, secara niatnya kan baik yaitu berteman ya kudu kasih tau & berterima kasih kalo dikasih sesuatu.


Paginya A log in ke tracking record & menemukan bahwa paket tsb masih tertahan di bea cukai Malaysia. Juga ada nama & notel agen courier service di Malaysia yang harus dihubungi. Waktu A telpon, si agen bilang bahwa A harus transfer USD 800 via Western Union untuk clearing paket tsb dibea cukai. Si agen juga ngasih tau contact person si penerima uang dan minta ditransfer secepatnya jadi si agen bisa kirim tuh paket di hari yang sama. A langsung menghubungi X mengenai hal ini karena duit segitu kan gak sedikit. Ternyata jawaban X tuh jauh dari yang diharapkan. X bilang ya udah bayar aja pake duit A dulu. Kan nanti A akan trima lebih banyak dari jumlah tsb. Tinggal potong aja deh. Malah nyuruh A untuk pinjem siapa aja waktu A cerita kalo dia gak punya duit sebanyak itu. A dibuat bingung dengan situasi ini sementara si agen berkali2 menghubungi A untuk konfirmasi transfer.


X bilang ya udah bayar aja pake duit A dulu. Kan nanti A akan trima lebih banyak dari jumlah tsb.


Entah karena pertimbangan apa, akhirnya A mentransfer USD 800 ke orang yang dimaksud (aku juga sangat menyayangkan tindakan si A ini). Pada saat di bank untuk transfer uang, customer service bank tsb bilang akhir2 ini banyak yang transfer duit pake Western Union ke Malaysia untuk clearing paket yang tertahan dibea cukai sana. Sudah peraturannya kali. Mungkin… ini yang membuat A yakin kalo uang yang ditransfer tuh memang untuk clearing paket dari si X. Gak berapa lama kemudian si agen telpon, dia udah trima uangnya tapi sekarang ada masalah baru lagi. What!!! Menurut si agen, selain mengirim barang2 X juga mengirim uang yang jumlahnya banyak. GBP 350.000. Dia juga bilang kenapa suami (???) kamu ngirim uang sebanyak itu. Langsung dijawab A kalo dia tuh gak tau menau soal kiriman ini. A kembali menghubungi X. Sekali lagi jawaban X membuat A kaget. X bilang sekarang semua orang tau dong jumlah uang yang dikirim untuk A. Gubrakks (lagi), ya jelas dong tau. Gak mungkin banget deh paket tsb lolos dari screening bea cukai dimanapun.


Udah gitu si A diminta untuk mencari solusinya secara dia lagi di luar negeri & beda waktu yang cukup banyak. Jadi mendingan A aja yang menyelesaikan masalah ini. Setelah contact ke kantor pusat di UK, si agen menawarkan solusi untuk masalah ini. A harus mendapatkan surat keterangan untuk bisa meloloskan paket tsb. Ada 2 alternatif sumber surat tsb. Yang pertama dari UK dengan harga GBP 6,400 atau dari Singapur yang harganya lebih murah SGD 5,700. Kembali X membuat A sangat kecewa karena X meminta A menyediakan uang tsb toh nanti bisa dipotong dari uang kiriman. Duh, kali ini bisa bikin pingsan deh. Gak mungkin banget deh nyediain duit SGD 5,700 (sekitar 54 jutaan rupiah!!!). Langsung A bilang gak bakalan transfer tuh duit. A gak mau terlibat apapun lagi untuk masalah ini dan dia minta X untuk ngurus sendiri tuh kiriman dan balikin duit A secepatnya. Saat itu A berkali2 ditelpon si agen & X untuk secepatnya transfer uang yang dimaksud.


Yang pertama dari UK dengan harga GBP 6,400 atau dari Singapur yang harganya lebih murah SGD 5,700.


Seharian kedua orang tsb menghubungi. Malampun masih tetap ditelpon. A akhirnya mendiamkan telpon dari orang2 tsb. A pun meninggalkan pesan kalo dia akan keluar kota untuk urusan kantor, jadi gak bisa berbuat apapun untuk masalah ini. Tetep aja sampe beberapa hari kemudian 2 orang ini masih nge-push A. A pun bilang dia tuh gak tau apa2 dalam masalah ini dan menyerahkan semuanya langsung ke X dan si agen. X sampe nyuruh A minjem duit untuk transfer dan X kirim duit sebanyak itu buat A beli rumah. Dengan jengkel A bilang dia gak butuh duit dari X dan minta duitnya dibalikin. Si agen sempet ngancem kalo A gak transfer A bisa kena masalah karena paket itu ditujukan untuk A dan ada alamat lengkap si A. A gak kalah galak dia bilang EGP dan dia gak takut. A sudah bertanya ke temennya yang kerja di imigrasi mengenai kasus ini. Menurut temennya A bersih dan gak perlu takut kena masalah. Karena gak ada bukti kalo A terlibat. Lagian GBP 350,000 itu jumlah yang sangat besar. Gak mungkin dengan mudah bisa masuk Indonesia.


Dengan emosi A mengirim imel (mungkin isinya agak kasar) minta uangnya dibalikin & A bilang besar kemungkinan X adalah penipu dan mungkin sebentar lagi X akan ganti notelnya. A juga beberapa kali ngetes notel si X. Beberapa hari kemudia X telpon dan dia bilang dia gak terima sama isi imel yang A kirim trus ngapain A miscall2 dia. Tapi anehnya ujung2nya si X malah minta A tetep ngirim duit SGD 5,700 ke si agen. Sampe saat ini belom ada kelanjutan dari kasus ini. A berkali2 kirim imel tapi gak sekalipun dibales. Anehnya pernah A nelpon X, dan tetap X jawab dengan rayuan pulau kelapa.


A sendiri menganggap ini adalah kebodohan dia dan kalaupun uang USD 800 gak kembali itu adalah resiko yang harus dia pikul. Cuma A masih berpikir apa modus operandi dari kasus ini? Karena berkali2 A bilang di imelnya kalo dia tuh bukan orang kaya raya, bahkan dia kerja untuk menghidupi dirinya dan keluarganya. Makanya dia berharap sekali uang itu kembali. Kalau dibilang penipuan, kog sampe melibatkan orang diberbagai negara ya? Apa mungkin modusnya money laundry? Secara (kalo bener nih) uang yang dikirim tuh lebih dari 5 milyar rupiah? Atau sekedar mis-komunikasi antara A dan X? Apakah ada diantara teman2 yang pernah mengalami hal ini? Mohon tanggapan dari teman2.


Sengaja saya tidak menyebutkan nama dan identitas lainnya dari X, si agen & courier service karena saya pun tidak tau modus dari kejadian ini. Tapi kalau ada dari temen2 yang butuh identitas mereka, silahkan japri saya. Gak ada maksud saya untuk mendiskreditkan pihak manapun hanya sekedar sharing. Kalapun ini adalah kasus penipuan, semoga tidak ada lagi diantara kita yang menjadi korban.


Terima kasih.
Novi

*Untuk membaca testimoni atas hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut, bisa dibaca di Sumber: http://blog.the-conference.org/2009/02/10/hati-hati-untuk-para-wanita-single/#comment-12605 *

Thanks, ya... :)

Its not only about money but also cyber crime...

Tidak ada komentar: