Selasa, 02 Februari 2010

Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Sumber: Millist f&f

Apa saya hamil?
Tanda awal kehamilan seringkali mengecoh karena mirip tanda-tanda haid, seperti payudara terasa membengkak, timbul flek, dan rasa kram di perut. Untuk lebih jelas, Ibu bisa mempelajari tanda- awal kehamilan yang sebenarnya.


Terlambat haid
Terlambat haid merupakan tanda awal kehamilan paling umum. Jadi bila Ibu tidak biasa terlambat haid, cobalah untuk melakukan tes uji kehamilan.


Morning Sickness
Rasa tidak nyaman di pagi hari sering dialami sebagian besar ibu hamil. Hal ini biasanya terjadi pada trimester awal kehamilan. Walaupun disebut morning sickness, kondisi ini sebenarnya tidak hanya muncul di pagi hari.


Sering Buang Air Kecil
Jika Ibu merasa sering ingin buang air kecil, mungkin Ibu hamil. Perubahan hormon tubuh Ibu yang terjadi selama tiga bulan pertama bisa membuat Ibu sering buang air kecil.


Mudah lelah
Mudah lelah adalah tanda kehamilan paling umum. Ini adalah efek samping dari meningkatnya kadar hormon progesterone ketika Ibu hamil. Cermati bila Ibu merasakan hal ini.


Rasa Aneh di Mulut
Tanda awal kehamilan, bisa juga ditandai dengan munculnya rasa aneh seperti rasa logam dalam mulut.


Payudara Berubah
Areola atau daerah kecokelatan di sekitar puting payudara Ibu, akan makin menghitam dan melebar saat Ibu hamil.


Kram perut & bercak merah muda
Efek tertanamnya sel telur yang telah dibuahi di dalam rahim (implantasi) menyebabkan kram perut dan keluarnya bercak ringan berwarna merah muda. Ini terjadi di antara minggu ke 3 dan 4 kehamilan.


Lakukan Uji Kehamilan
Bila Ibu sudah mengenali tanda awal kehamilan namun merasa belum yakin, Ibu dapat melakukan tes uji kehamilan di rumah dari sejak hari pertama Ibu terlambat haid. Alat uji kehamilan bisa Ibu beli di apotek atau supermarket.

Tidak ada komentar: