Kamis, 11 Februari 2010

Sharing Berbelanja via Online

Sumber: millist f&f

Dear,
Sekedar wacana saja,
Pernah naksir beberapa produk LN, tp berhubung biaya kirimnya lumayan mahal, jd sejauh ini blom pernah terlaksana belanja.
Tapi ada bbrp tips yg mungkin berguna ( ihiks blom pernah belanja tp sok tau ngasih tips ya gw..hehe ) ;

- Pelajari websitenya termasuk website yg bagus apa tdk ( website berbayar ato gratisan ), krn pemilik toko pasti berfikir lebih klo memang niat tipu2 ( ga profesional ), sementara dia bayar mahal utk bikin websitenya / sewa hostingnya. ( tp ga selalu juga kalo website gratisan tdk bisa dipercaya lho ya, banyak temen2 saya yg punya toko online dg website gratisan tp trustable, cm kebetulan temen2 sy ini website/blognya msh diindonesia ).

- Biasanya website suka ada forumnya atau ruang testimony, kalo diperlukan sign-in, ya daftar dulu, trus masuk ke forum diskusi atau ruang testimony, nah disitu bisa dilihat website tsb bonafide ga, lihat aja testimoni dr bbrp user / pelanggan yg pernah beli disitu ( seperti forum jual beli di kaskus ).Kalo beli melalui www.ebay.com ,www.amazon.com , biasanya testimoni ini yg akan jadi acuan.

- Biasanya lagi, produk yg dijual itu oleh pemilik toko / penjual, suka dikasih review ( misal spesifikasi produk, bahan, kualitas, gambar ) dan review dr beberapa orang yg pernah menggunakan produk tsb atau sekedar mampir ke website.

- Bertanyalah ke owner website, kalo memang tidak tau / kurang yakin dgn produk tsb, baik soal spesifikasi produk, trus dikirim via jasa pengiriman apa, trus berapa biaya pengiriman, trus berapa hari nyampe. Seorang penjual online yg baik dia akan menyampaikan secara jelas tentang keunggulan, prosedur pengiriman, bahkan biasanya mereka akan langsung dicantumkan di ruang terpisah yg namanya FAQ, serta penjual tidak akan segan-segan untuk menjawab pertanyaan dari kita.

- Biasanya diwebsitenya akan dicantumkan no telpon, ym, bahkan alamat yg bisa kita hubungi.

- Biasanya lagi akan dicantumkan tata cara pembayaran, misal transfer via bank yg international, atau via PAYPAL, atau E-GOLD. Nah untuk jenis pembayaran misal pake kartu kredit, perhatikan websitenya biasanya ada kode software sekuriti international yg artinya kita aman bertransaksi dgn kartu kredit krn dijamin keamanannya, dikhawatirkan klo tidak ada kode ini, ternyata no kartu kredit & password kita bisa di kopi & disalahgunakan. Kodenya bisa berupa gambar ( gambar bisa berbeda2, tergantung software sekuriti yg digunakan ), dan yg pasti biasanya kalo kode ini kita klik akan masuk ke website dari si-penerbit software sekuriti ini.Tapi mengingat marak & canggihnya para hacker skg, pikir2 dulu klo mo belanja online dgn pembayaran kartu kredit ( ini pendapat pribadi saya lho ya..)

- Minta no resi, no dokumen atau bukti scanning dari cargo yg mengirimkan produk yg kita pesan, misal barang dikirim pake DHL, atau international cargo yg lain yg dia pakai, jadi setidaknya kalo barang tdk nyampe, kita bisa cek sendiri ke kurir kargo yg mengirim, produk kita sudah ada dimana & kapan sampai.

- Satu lagi yg suka saya lihat adalah performance dari website / produk tsb, misal kamu penasaran sama website www.abc-shopping. com, coba aja cari semacam track record dari website tsb bisa melalui mbah Google. Dari situ akan keluar semua berita & hal apa saja yg pernah di posting baik oleh pemilik toko online maupun user / pelanggan. Pernah saya melakukan hal spt ini pd suatu blog krn tertarik dgn salah satu produknya, ternyata dari bbrp postingan, blog tsb pemiliknya kurang professional krn ada bbrp pelanggan yg kecewa dgn pelayanannya bahkan sampe pernah diadukan di forum Surat Pembaca gitu.

Kira2 begitu sharing dari saya..
maaf kalo kurang membantu..

Kind rgds,-iin

Tidak ada komentar: