Senin, 04 Mei 2009

Pisang dan manfaatnya (part 3)

Khasiat Lainnya
Dalam "Medicinal Uses of Bananas" (www.banana. com, 2002) menyebutkan, bahwa pisang mempunyai manfaat dalam penyembuhan anemia, menurunkan tekanan darah, tenaga untuk berpikir, kaya serat untuk membantu diet, kulit pisang dapat digunakan sebagai cream anti nyamuk, membantu sistem syaraf, dapat membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, stres, mencegah stroke, mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil, menetralkan keasaman lambung, dan sebagainya.

Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba dari pisang untuk memproduksi antigen untuk coating Virus Hepatitis B. Apabila vaksin Hepatitis B tersebut berhasil akan menjadi sangat murah.

Peneliti lain mengembangkan pisang yang dapat membantu dalam melawan penyakit campak/cacar air, penyakit kuning, polio, dan dipteri. Saat ini, peneliti telah mencoba pada relawan, di mana diperlihatkan 10 persen tekanan darah turun dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari.

diambil dari www.dechacare. com

PS: pisang yang paling baik adalah pisang ambon (yang biasa dibeli dipasar tradisional bukan disupermarket yg harganya tidak lebih dari Rp.5000/2 pisang. Pisang ini mempunyai kandungan potassium dan Vit B yg cukup tinggi bs membantu mengurangi rasa penat. Konsumsi secara rutin 2-4x sminggu.
Pisang Raja-kandungan gulanya paling tinggi diabetik tidak diperkenankan mengkonsumsi.
Pisang mas (kecil2) yang asli bila dikupas, kupasan kulitnya memutar/bs mutar.

Tidak ada komentar: