Kamis, 30 Juli 2009

Bubur Menado

Dear Mbak Endang,
Aku ada resep bubur MAnado andalan tanteku, semoga cocok ya..

-Atin-

Bahan :

Beras putih secukupnya
Air agak banyak utk membuat bubur
Kangkung
Bayam (bila suka)
1 buah jagung (disisir)
1-2 buah ubi yang kulitnya merah tapi dalamnya orange atau pakai ¼ buah labu kuning (buang kulitnya dan potong persegi2 atau sesukanya)

Bumbu :

Bawang merah diiris halus
Daun bawang diiris kasar
Sereh
Daun kemangi
Garam atau bisa ditambahkan royco bila suka.

Sambal mentahan:

Teri digoreng secukupnya
Cabe merah
Cabe rawit
Bawang merah
Terasi
Tomat
Garam
Jeruk sambal

Cara Membuat :

1. Rebus air sampai mendidih dan masukkan beras yang sudah di cuci. Buat sampai bubur menjadi 1/2 matang sambil di aduk-aduk.
2. Setelah itu masukan jagung dan ubi atau labu kuning, irisan bawang merah, sereh, dan garam/royco sampai menjadi bubur.
3. Masukkan sayur2annya: kangkung, bayem, daun bawang dan kemangi. Aduk2 sampai semuanya layu, matikan kompornya. Dirasakan dulu apakah sudah cukup asinnya.
4. Utk sambalnya: Ulek halus cabe merah, rawit dan garam sampai halus lalu masukkan irisan bawang merah, irisan tomat, terasi dan ulek lagi sampai halus ditambah sedikit teri goreng diulek kasar dan perasi jeruk sambal. Aduk2 supaya rata lalu taruh di mangkok. Kalau sambalnya mau di goreng dengan sedikit minyak bisa juga.

Cara Menghidangkan :

Taruh bubur di mangkok atau piring lalu makan dengan sambalnya dan sisa teri goreng atau enakjuga dimakan pakai ikan asin gabus atau ikan jambal roti yang sudah digoreng.

Sumber: millist ff

Tidak ada komentar: