Sabtu, 03 April 2010

Kenali Jenis Kulit

Sumber: Millist f&f

Mengenali kulit memang tidak perlu pemeriksaan atau test laboratorium. Cukup dengan melihat kondisi kulit, kita sudah harus bisa tahu, berjenis apakah kulit kita?

Salah dalam memprediksi kulit, ternyata bisa jadi pemicu kesalah untuk pemilihan pelembab/ body lotion. Kesalahan itu bisa berefek buruk bagi kulit, pasalnya faktor kebiasaan juga bisa jadi alasan menggapa kulit jadi cenderung sensitif. Hal tersebut dikarenakan pemilihan pelembab tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.

Nutrisi bagi kulit sangat dibutuhkan, bukan hanya untuk mempertahankan kesintalan kulit, namun juga untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut ini ada beberapa jenis kulit, yang perlu Anda ketahui. Kira-kira termasuk jenis manakah kulit Anda?

Kulit normal

Biasanya kulit normal memiliki pori-pori yang terlihat namun tidak besar, keadaan kulit agak berminyak. Biasanya setelah dibasuh atau dicuci, kulit akan terasa nyaman. meskipun di siang hari, kulit akan nampak fresh dan bersih.

Kulit kering

jenis kulit ini paling mudah dikenali, karena dapat dilihat dari keadaan kulit. Umumnya jenis kulit kering memiliki tekstur kulit yang tipis dan berpori-pori bagus, jadi ketika disentuh akan terasa kekeringannya. Biasanya jika dicuci atau dibasuh, kulit akan terasa kencang.

Kulit berminyak

Tekstur kulit pada umumnya tebal, kasar dan nampak mengkilap. Memiliki pori-pori besar dan terlihat jelas. Apabila di cuci, akan terasa nyaman dan bersih, namun ketika berada di bawah terik sinar matahari kulit akan nampak seperti berminyak.


Kulit kombinasi

Apakah kulit Anda terasa berminyak dan juga kering dibeberapa area? Jika jawabnya iya, kulit Anda masuk dalam kategori kulit kombinasi. Biasanya ada bagian yang terasa kering dan terasa berminyak dibagian lain. Umumnya jenis kulit ini banyak dimiliki wanita.

Kulit sensitif

Kulit sensitif sangat mudah terkena iritasi. Biasanya jika sudah terkena bakteri atau gangguan yang bisa menyebabkan kulit terinfeksi akan menimbulkan gatal-gatal, bercak merah dan juga bersisik. Untuk perawatan jenis kulit ini harus dilakukan secara intensif, agar tidak berbekas. Periksakan ke dokter kulit untuk mengatasi kulit yang lukanya sulit sembuh karena jika di diamkan terlalu lama bisa mengakibatkan iritasi. Biasanya kulit jenis ini akan terlihat memerah jika terkena sinar matahari.

Tidak ada komentar: