Senin, 14 Februari 2011

Resep 3: Kudapan sehat buat keluarga...

1. Raspberry Pochette
Bahan: 1 bungkus susu cair 200 ml. Yoghurt 50 g. Telur ayam 1 butir. Minyak sayur 20 ml. 1 Pack Haan Pancake Mix 200ml milk.

Cara Membuat: Campurkan Haan Pancake Mix, susu, telur, yoghurt, dan minyak sayur. Aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan halus. Tuangkan 1 sendok sayur (50ml) adonan untuk setiap crepes ke atas wajan pipih yang telah dipanaskan. Panggang dengan api kecil selama kurang menit 4 menit. Biarkan sebentar kemudian angkat.

Nah, Raspberry Pochete ini paling enak diguyur atasnya dengan Krim Rasberi. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuatnya:

Krim Rasberi
Bahan-bahan: Cream cheese 250 g. Gula kristal halus 25 g. Kuning telur 1 butir. Haan Krema 15 g. Kulit jeruk 1 sdt. Buah raspberi 50 g. Air es 25 ml.

Cara membuat: Aduk cream cheese dan gula sampai halus, lalu tambahkan kuning telur, parutan kulit jeruk. Aduk Haan Krema hingga sampai terbentuk krim, tambahkan ke dalam campuran pertama, terakhir campurkan raspberi hingga merata.


Kemudian, ada penyelesaiannya:
Isi crepe dengan krim rasberi, lipat dan letakkan dalam loyang kemudian panggang dalam oven dengan temperatur 150 derajat celcius (300 derajat F) selama kurang lebih 5 menit. Sajikan di atas piring dan tambahkan saus rasberi.
Sumber: kemasan belakang Haan Pancake Mix (180 g)



2. Waffle
Bahan: Panaskan cetakan waffle, olesi dengan minyak mentega/minyak sayur. Campurkan 1 bungkus (180 g) Haan PAncake Mix, 100 ml air, 20 ml minyak sayur dan 1 butir telur ayam. Aduk hingga tercampur rata. Diamkan 10 menit. Panggang dalam cetakan waffle hingga matang kurang lebih 4 menit.
Sumber: kemasan belakang Haan Pancake Mix (180 g)



3. Pancake
Bahan: Campurkan 1 bungkus (180 g) Haan Pancake Mix, air 150 ml, 1 butir telur ayam. Aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang halus. Diamkan 10 menit untuk hasil yang lebih baik. Tuangkan 50 ml (1 sendok sayur) adonan untuk setiap pancake ke atas wajan pipih yang dipanaskan. Panggang dengan api kecil selama kurang lebih 3-4 menit hingga matang.
Sumber: kemasan belakang Haan Pancake Mix (180 g).

*Saran: sebaiknya masukkan adonan pancake sedikit demi sedikit, jangan sekaligus, dan jika adonan ke-1 sudah matang, baru lanjut masukkan adonan selanjutnya hingga habis. Jangan semuanya karena nanti jadi ketebelan dan kalau udah matang serta gak panas lagi bisa buat nabok muka orang. So, makanlah selagi panas. Lebih sip kalau di atas pancake dibubuhi krim rasberri atau vla stroberi/cokelat atau diguyur pake susu cair, tapi ini sesuai selera.*



4. MArtabak Alim Van De Cook
Untuk: 150 martabak ukuran kecil
Bahan: 2 kg tepung terigu, 4 butir telur, 0,5 gram mentega, 150 gram gula halus, 50 gram susu bubuk, 4 bungkus vanili, susu kental manis, 5 bungkus ragi siap pakai, dan 1 batang keju batangan.
Peralatan: Loyang berbentuk love, kompor, dan kuas.
Cara pembuatan: Semua bahan dicampur dan diaduk. Siapkan loyang dan panaskan mentega hingga mencair. KEcilkan api, tuang campuran bahan dan tunggu hingga setengah matang. Kemudian, taburkan rasa yang diinginkan. Setelah matang, angkat dari loyang.
Sumber: makalah kelompok matkul entrepreneursip, mahasiswaku jurusan komp akuntansi. Thanks, ya anak2ku yang budiman. :D



5. Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam
Bubur Kacang Ijo
Bahan :
* 200 g kacang ijo, rendam 2-3 jam
* 100 g gula jawa, sisir halus
* 100 g gula pasir (sesuai selera)
* 1/4 sdt garam
* 1/2 sdt vanili bubuk
* 1 lembar daun pandan, robek-robek, simpulkan
* 500 ml santan sedang
* 1 sdm tepung beras, cairkan dengan 2 sdm air

Cara Membuat :
* Rebus kacang ijo dan daun pandan dalam 500 ml air hingga lunak. Jika belum lunak, tambahkan air panas secukupnya.
* Jika sudah lunak, masukkan gula jawa, gula pasir, garam, vanili bubuk dan santan. Masak terus sambil diaduk hingga mendidih.
* Tambahkan larutan tepung beras, masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Angkat dan sajikan dengan saus santan.


Bubur Ketan Item
Bahan :
* 200 g ketan item, rendam 3 jam
* 100 g gula pasir (jika suka manis bisa ditambah)
* 1/4 sdt garam
* 1 lembar daun pandan
* 1 L air

Saus Santan, didihkan sambil diaduk :
* 1 kaleng (400 ml) coconut milk
* 1/4 sdt garam
* 1 lembar daun pandan

Cara Membuat :
* Rebus ketan item dan daun pandan dalam 1 L air hingga lunak. Tambahkan air panas jika perlu.
* Jika sudah lunak, masukkan gula pasir dan garam. Aduk-aduk hingga matang. Angkat dan sajikan dengan saus santan.
Sumber: http://bunda-adit.blogspot.com/2006/05/bubur-kacang-ijo-bubur-ketan-item.html

Tidak ada komentar: