Jumat, 07 Mei 2010

7 MAnfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sumber: Millist f&f

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang ramah ditelinga dan di kalangan ibu rumah tangga. Wortel memiliki cita rasa yang manis dan teksturnya yang renyah. Jika Anda termasuk penggemar wortel maka Anda boleh berbangga karena manfaat-manfaat hebat yang terkandung di dalam wortel.

Bagaimana cara memilih wortel yang baik? Untuk memperoleh manfaat wortel secara maksimal, kita perlu mencermati wortel seperti apa yang masuk kategori wortel sehat. Wortel harus diperhatikan pada warna, pilihlah wortel yang berwarna agak muda dan terang. Ini artinya wortel masih muda dan masih segar.

Berikut 7 manfaat dan resep pengolahan wortel yang perlu Anda ketahui:

Mengatasi Hipertensi
Ambil 500 gram wortel, cuci bersih lalu potong-potong, berilah sedikit air matang. Lalu blender. Saring dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

Mengatasi Demam pada Anak
Ambil 200 gram wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, dan minumlah selagi hangat.

Mengatasi Luka Bakar
Ambil 250 gram wortel, cuci bersih lalu dipotong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu diblender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam satu hari.

Menyembuhkan Batuk
Ambil satu batang wortel, bersihkan dan diparut. Tambahkan beberapa sendok air panas dan diperas. Masukkan sedikit gula aren, aduklah sampai merata. Minum ramuan 2 kali dalam satu hari.

Mengatasi Nyeri Haid
Ambilah 250 gram wortel lalu cuci bersih dan dipotong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu diblender. Usahakan meminum ramuan ini 2 kali dalam satu hari.

Mengatasi Sembelit
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu dicuci bersih dan diparut. Tambahkan 2 sendok makan air yang matang dan sedikit garam, lalu diperas. Usahakan meminum ramuan ini 2 kali dalam satu hari.

Menghaluskan Wajah
Siapkan 2-3 wortel yang sudah anda kupas bersih, kemudian dicuci dan diparut. Lalu anda bisa langsung mengoleskan ke wajah anda sebagai masker. Seperti halnya memakai masker biasa, anda harus menunggu masker wortel tersebut kering dulu baru setelah itu sibilas.


Salam,
Yuli

Tidak ada komentar: