Sabtu, 06 April 2013

Inversi Puting, Saat Puting Melesak Masuk ke Dalam


Sumber:
http://id.she.yahoo.com/inversi-puting-054708814.html
Oleh MeetDoctor.com | Yahoo! SHE – Rab, 20 Mar 2013 12:47 WIB

Tanya:
Dok, saya belum menikah dan umur saya 26 tahun. Saya mau nanya tentang masalah payudara yang saya alami. Tahun 2010, payudara sebelah kanan saya putingnya masuk ke dalam, tetapi yang sebelah kirinya normal. Nah, pada tahun 2012 belakangan ini puting sebelah kiri saya ikut masuk ke dalam juga, tetapi yang sebelah kanannya sudah agak normal lagi. Sampai saat ini saya belum berani untuk konsultasi langsung ke dokter karena saya takut. Apakah kondisi puting yang saya alami ini normal dan akan balik lagi seperti semula, Dok?
Irma, 26 tahun

Jawab:
Dear Irma,

Kondisi yang Anda alami dikenal dengan nama inversi puting. Kondisi ini dapat diklasifikasikan ke dalam 3 derajat inversi puting, berdasarkan sejauh mana puting masuk ke dalam, dan bagaimana kemampuan puting menanggapi rangsangan.

Derajat 1, di mana puting mudah ditarik keluar dan bisa dipertahankan dengan tarikan sangat sedikit. Umumnya dengan tekanan menggunakan jari atau mulut, puting akan merespon keluar. Hal ini tidak mengganggu baik dari segi estetika maupun fungsi payudara.

Derajat 2, dapat diidentifikasi ketika puting merespon rangsangan eksternal, dapat muncul keluar dengan tekanan lembut, dan akan mempertahankan posisi tersebut tetapi tidak konstan. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa masalah terutama saat pemberian ASI, dan efek psikologis.

Derajat 3, ditemukan pada puting yang sangat masuk dan tidak bisa menanggapi rangsangan. Kondisi ini akan menyebabkan beberapa masalah bagi wanita yang sedang menyusui, dan sering mengakibatkan efek psikologis dan perasaan menjadi tidak menarik atau cacat.

Anda pun perlu rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dengan memperhatikan bentuk dan perabaan payudara. Perhatikan setiap perubahan dalam payudara seperti:
- adanya benjolan baik teraba ataupun terlihat
- perubahan bentuk payudara
- penebalan jaringan payudara yang tidak beraturan
- adanya cairan yang keluar dari puting (nanah, darah)
- kulit yang memerah dan hangat
- gambaran kulit jeruk pada payudara (dimpling)
- retraksi puting (puting tertarik kedalam)

Semoga bermanfaat.


dr. Margareta Amelia
www.MeetDoctor.com


Tidak ada komentar: